Selasa, 15 Juli 2008

Selamat Datang Jurnalisme Online


Jurnalisme online hadir akibat perkembangan teknologi komunikasi dan memudahkan khalayak memperoleh informasi. Tetapi, ada orang yang risau dengan kehadiran jurnalisme online. Sebab, relibialitas informasi yang dihasilkan jurnalisme online sering terabaikan. Timbullah keraguan dalam diri khalayak untuk mengakses jurnalisme online.


  • Ada makna di balik Jurnalisme Online.

Sesungguhnya jurnalisme online hadir pada tanggal 19 Januari 1998, ketika Mark Drudge membeberkan cerita perselingkuhan Amerika Serikat Bill Clinton dengan Monica Lewinsky atau yang sering disebut “monicagate” (Grossman, 1999:17). Ketika itu, Drudge berbekal sebuah laptop dan modem, menyiarkan berita tentang berita tersebut lewat internet. Semua orang yang mengakses internet segera mengetahui rincian cerita “monicagate”.

Berpangkal pada kenyataan diatas, jurnalisme online itu seolah-olah bukan jurnalisme. Jonathan Dube, seorang wartawan jurnalisme online, bahkan merasakan bahwa jurnalisme online tidak seseru jurnalisme biasa. Ini terasa logis, sebab orang yang tidak memiliki keterampilan jurnalistik yang memadai pun bisa bercerita lewat jurnalisme online. Orang yang tidak mengenal seluk beluk jurnalisme bisa menyampaikan idenya pada orang-orang di berbagai belahan bumi melalui internet.

Persoalannya sekarang adalah, bagaimana tingkat kebenaran berita yang ibawa oleh jurnalisme online. Kesalahan pemneritaan mungkin saja terjadi. Sangat tidak mungkin jurnalisme online bebas dari kesalahan. Berita televise dan berita surat kabar, yang notabenenya dihasilkan oleh orang-orang yang memiliki keterampilan jurnalistik memadai, dianggap masih mengandung kesalahan. Sebuah penelitian di Amerika Serikat misalnya, menyetujui bahwa tingkat kesalahan berita surat kabar mencapai 18% dan tingkat kesalahan berita televisi mencapai angka 38% (Hickey 1999:42). Dengan kata lain, khalayak perlu berhati-hati menerima informasi dari jurnalisme online.



  • Kelebihan Jurnalisme Online.

Adapun kelebihan dari jurnalisme online, antara lain:

- Sebagai program untuk memberdayakan individu dalam memperoleh informasi. Setiap individu punya kesempatan untuk mengakses segala informasi yang dia kehendaki sehingga dapat memuaskan kerinduannya akan inormasi.

- Bisa menyiarkan informasi dalam jumlah yang sangat banyak dalam waktu yang sangat pendek.

- Bisa menggabungkan tulisan, gambar dan suara dalam satu kesatuan yang utuh. Ini jelas menambah daya tarik pesan. Oleh karena itu, jurnalisme online akan menguasai perhatian masyarakat.


  • Kekurangan Jurnalisme Online

Selain memiliki kelebihan, jurnalisme online jua memiliki sisi kekurangan, antara lain:

    • Jurnalisme Online tiak memiliki penyunting seperti yang dimiliki surat kabar konvensional

    • Tidak membutuhkan orang yang mampu membantu masyarakat dalam menentukan informasi mana yang masuk akal atau tidak.

    • Tidak memiliki kreibilitas.


Semua ciri ini menyiratkan bahwa masyarakat yang mengakses jurnalisme online harus senantiasa kritis dan skeptis ketika menerima informasi.



  • Manfaat Jurnalisme online

    • Sebagai pengungkap sejarah

    • Memuaskan keinginan individu untuk melarikan diri dari jurnalisme biasa. Jurnalisme online memiliki peluang untuk memuaskan masyarakat yang idak puas dengan berita yang mereka peroleh lewat media massa.


Bila ada pihak yang mengatakan bahwa jurnalisme online merupakan tantangan bagi dunia jurnalistik dalam konteks peningkatan kualitas berita, ide ini tidak benar. Sebab, peningkatan kualitas berita yang utama berkaitan dengan etika jurnalistik . alam kaitannya denag etika jurnalistik, jurnalisme online sering mengabaikan etika jurnalistik sebagai standar yang memandu keterampilan jurnalistik (Sustiwi, 2000).

Sudah barang tentu, dalam memanfaatkan jurnalisme online, masyarakat berpedoman kepaa makna yang mereka berikan kepada jurnalisme online itu sendiri. Tetapi, manfaat jurnalisme online itu lebih merupakan manfaat praktis. Terpulang kepada masyarakat ntuk memanfaatkannya secara filosofi, dan sebagainya.




Tidak ada komentar: